Rabu, 24 Desember 2008

Tentang Surga

Surga...tempat indah yang di idam-idamkan setiap insan,dimana kehidupan yang kekal dan penuh kenikmatan telah menanti disana.Lalu siapa sajakah yang beruntung mendapatkananugerah tersebut,apa saja kenikmatan yang di sediakan bagi penghuni-penghuni surga kelak?.
Tulisan ini mencoba untuk menyajikan ayat-ayat suci yang menceritakan tentang surga dan kenikmatan yang Allah janjikan di dalamnya.Silahkan membuka tafsir yang lebih lengkap untuk memahami ayat-ayat tersebut.Mohon maaf bila ada kekurangan dan kekhilafan dalam penulisan ini,semoga bermanfaat.Amien

Calon Penghuni Surga

Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal yang salehke dalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Sesungguhnya Allah berbuatapa yang Dia kehendaki.(QS.Al Hajj-14).

Allah menjanjikan kepada orang-orang mukmin, lelaki dan perempuan, (akan mendapat) surga yang dibawahnya mengalir sungai-sungai, kekal mereka di dalamnya, da(mendapat) tempat-tempat yang bagus di surga 'Adn. Dan keridhaan Allah adalah lebih besar; itu adalah keberuntungan yang besar.(QS.At Taubah-72).

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirindan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada merekadan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulahkemenangan yang besar.(QS.At Taubah-100).

Tiada dosa atas orang-orang yang buta dan atas orang yang pincang dan atas orang yang sakit (apabila tidak ikut berperang). Dan barangsiapa yang taat kepada Allah dan Rasul-Nya; niscaya Allah akan memasukkannya ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai dan barang siapa yang berpaling niscaya akan diazab-Nya dengan azab yang pedih. (QS.Al Fath-17).
Di antara orang-orang Arab Badwi itu ada orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang dinafkahkannya (di jalan Allah) itu, sebagai jalan untuk mendekatkannya kepada Allah dan sebagai jalan untuk memperoleh doa Rasul.Ketahuilah, sesungguhnya nafkah itu adalah suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukan mereka kedalam rahmat (surga)Nya; Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (At Taubah-99)
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, (QS.AL KAhfii-107)
Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga). (QS.An Nisaa-31)
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir). (Qs.Al HIjr-45)
Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan(pakaian) sutera, (QS.Al Insaan-12)
Maka Allah memberi mereka pahala terhadap perkataan yang mereka ucapkan, (yaitu) surgayang mengalir sungai-sungai di dalamnya, sedang mereka kekal di dalamnya. Dan itulah balasan (bagi) orang-orang yang berbuat kebaikan (yang ikhlas keimanannya).
(QS.ALMaidah-85)
Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nyaniscaya Allah akan memasukkan mereka ke dalam rahmat yang besar dari-Nya (surga) danlimpahan karunia-Nya. Dan menunjuki mereka kepada jalan yang lurus (untuk sampai) kepada-Nya. (QS.An NIsaa-175)
Dan orang-orang yang berhijrah di jalan Allah, kemudian mereka di bunuh atau mati, benar-benar Allah akan memberikan kepada mereka rezki yang baik (surga). Dan sesungguhnya Allah adalah sebaik-baik pemberi rezki. (QS.Al Hajj-58)
Ayat-ayat yang lain yang senada adalah sebagai berikut:
  • (QS.Al Fath-5)
  • (QS.AtThiir-17)
  • (QS.As Syuura-22)
  • (QS.Yunus-9)
  • (QS.Al Mu'min-40)
  • (QS.An Nissa-57)
  • (QS.Al IMran-142)
  • (Qs.YUnus-26)
  • (Qs.Al BAqaraah-82)
  • (QS.Al Imrann-195)
  • (QS.Al araaf-42)
  • (QS.An Nissa-124)
  • (QS.An Nissa-122)

Luasnya Surga


Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluaslangit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa, (QS.Ali Imran-133)

Kenikmatan dalam Surga

Dan apabila kamu melihat di sana (surga), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. (QS.Al Insaan-20)

Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagimereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu." Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya (QS.Al Baqarah-25)

Mereka itulah (orang-orang yang) bagi mereka surga 'Adn, mengalir sungai-sungai di bawahnya; dalam surga itu mereka dihiasi dengan gelang mas dan mereka memakai pakaian hijau dari sutera halus dan sutera tebal, sedang mereka duduk sambil bersandar di atas dipan-dipan yang indah. Itulah pahala yang sebaik-baiknya, dan tempat istirahat yang indah; (QS.Al Kahfi-31)

Di dalam surga itu ada buah-buahan yang banyak untukmu yang sebahagiannya kamu makan.(QS.Az Zukhruf-73)

Kehidupan di SurgaSesungguhnya Allah memasukkan orang-orang beriman dan mengerjakan amal yang saleh kedalam surga-surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai. Di surga itu mereka diberi perhiasan dengan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka adalah sutera.(QS Al Hajj-23)

Di dalam surga mereka saling memperebutkan piala (gelas) yang isinya tid(menimbulkan)kata-kata yang tidak berfaedah dan tiada pula perbuatan dosa.(QS.At Thurr-23)

Diedarkan kepada mereka piring-piring dari emas, dan piala-piala dan di dalam surga itu terdapat segala apa yang diingini oleh hati dan sedap (dipandang) mata dan kamu kekal di dalamnya." (QS.Az Zukhruf-71)

di dalamnya mereka bertelekan (diatas dipan-dipan) sambil meminta buah-buahan yangbanyak dan minuman di surga itu. (QS.Shaad-51)

Di dalam syurga itu mereka diberi minum segelas (minuman) yang campurannya adalah jahe.(QS.Al Insaan-17)

(Yang didatangkan dari) sebuah mata air surga yang dinamakan salsabil.(QS>AL Insaa-18)Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya. (QS.Al Insaan-14)

Dan Kami cabut segala macam dendam yang berada di dalam dada mereka; mengalir di bawah mereka sungai-sungai dan mereka berkata: "Segala puji bagi Allah yang telah menunjuki kami kepada (surga) ini. Dan kami sekali-kali tidak akan mendapat petunjuk kalau Allah tidak memberi kami petunjuk. Sesungguhnya telah datang rasul-rasul Tuhan kami, membawa kebenaran." Dan diserukan kepada mereka: "ltulah surga yang diwariskan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan." (QS.Al A'raaf-43)

0 komentar:

Posting Komentar