Jumat, 26 Desember 2008

Cobaan Itu Perlu

Hidup memang tidak pernah berjalan mulus seperti jalan tol yang seringkali kita lewati ,selalu ada saja rintangan dan peristiwa yang tidak terduga terjadi datang begitu saja tanpa kita duga dan harapkan.

Kadang menyenangkan hingga membuat kita terlena,tidak jarang juga datang musibah yangmembuat kita berlinang air mata.Semua itu sudah merupakan ketentuan dari Sang Penciptadan karena cobaan itulah manusia bisa mendapatkan kemuliaan tidak saja di dunia tapi juga di akherat kelak.

Pada tulisan kali ini kami coba sajikan ayat-ayat suci dari firman Allah yang berkenaan dengan cobaan,dan satu hal yang harus kita ingat bahwa COBAAN ITU ADALAH UKURAN BAGI SEMPURNA ATAU TIDAKNYA IMAN SESEORANG.Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan dan keimanan bagi kita semua,mohon bila ada kekurangan dan kekhilafan.


Cobaan itu adalah perlu

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat.(QS.Al Baqaarah-214).


Dan tidaklah Kami perlihatkan kepada mereka sesuatu mukjizat kecuali mukjizat itu lebih besar dari mukjizat-mukjizat yang sebelumnya. Dan Kami timpakan kepada mereka azab supaya mereka kembali (ke jalan yang benar).(QS.Az Zukhruf-48).

Dan Kami tidak mengutus rasul-rasul sebelummu, melainkan mereka sungguh memakan makanan dan berjalan di pasar-pasar. Dan kami jadikan sebahagian kamu cobaan bagi sebahagian yang lain. Maukah kamu bersabar?; dan adalah Tuhanmu maha Melihat.(QS.AlFuraqaan-20).

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dankebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan.(QS.Al Anbiyaa-35)

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan,kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orangyang sabar.(QS.Al Baqarah-155).

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah-lahpahala yang besar.(QS.At Taghaabun-15)

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan dibiarkan, sedang Allah belum mengetahui (dalam kenyataan) orang-orang yang berjihad di antara kamu dan tidak mengambil menjadi teman yang setia selain Allah, RasulNya dan orang-orang yang beriman. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan(QS.At TAubah-16).

Dan tidaklah mereka (orang-orang munafik) memperhatikan bahwa mereka diuji[667] sekali atau dua kali setiap tahun, dan mereka tidak (juga) bertaubat dan tidak (pula) mengambil pelajaran?(QS.At TAubah-126).

Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata: "Sesungguhnya aku diberi nikmat itu hanyalah karena kepintaranku." Sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui.(QS.Az Zumar-49)

Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya lalu dia dimuliakan-Nya dan diberi-Nya kesenangan, maka dia akan berkata: "Tuhanku telah memuliakanku." . Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rizkinya maka dia berkata:"Tuhanku menghinakanku".(QS.Al Fajr-15-16).

Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dansesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.(QS.Al Anfaal-28).

0 komentar:

Posting Komentar