Jumat, 26 Desember 2008

Dahsyatnya Neraka

Tiada tempat yang paling mengerikan selain neraka,di tempat inilah kita akan mendapatkan balasan dan azab yang setimpal dengan perbuatan dosa-dosa kita semasa hidup di dunia.

Allah dalam Al qur'an telah memberikan kita peringatan untuk berhati-hati agar tidak terjatuh dalam perbuatan dan amalan yang akan menjerumuskan kita ke neraka,Allah juga menerangkan betapa mengerikannya siksa neraka itu,agar kita menjaga dan berhati-hati dalam menjalani hidup di dunia ini.

Semoga postingan kami dapat memberikan pelajaran dan menjadi pencerahan agar kita semua tidak terjatuh dalam perbuatan-perbuatan yang di murkai Allah dan dan terhindar dari siksa neraka yang pedih.Mohon maaf bila ada kekurangan dan kekhilafan.

Peringatan Allah Tentang Neraka
Hai orang-orang yang beriman,peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahanbakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidakmendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.(QS,Al Tahrim-6).

Sesungguhnya Kami telah menghiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang, dan Kami jadikan bintang-bintang itu alat-alat pelempar syaitan, dan Kami sediakan bagi mereka siksa neraka yang menyala-nyala.(QS.Al Mulk-5).

Dan tinggalkan lah orang-orang yang menjadikan agama mereka sebagai main-main dan senda gurau,dan mereka telah ditipu oleh kehidupan dunia. Peringatkanlah (mereka) dengan Al-Quran itu agar masing-masing diri tidak dijerumuskan ke dalam neraka, karena perbuatannya sendiri.Tidak akan ada baginya pelindung dan tidak pula pemberi syafa'at selain daripada Allah.Dan jika ia menebus dengan segala macam tebusanpun,niscaya tidak akan diterima itu daripadanya.Mereka itulah orang-orang yang dijerumuskan ke dalam neraka. Bagi mereka (disediakan)minuman dari air yang sedang mendidih dan azab yang pedih disebabkan kekafiran merekadahulu.(QS.Al An'aam-70).

Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.(QS.Faathir-6).

Dan pada hari kiamat kamu akan melihat orang-orang yang berbuat dusta terhadap Allah, mukanya menjadi hitam. Bukankah dalam neraka Jahannam itu ada tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri?(QS.Az Zumar-60).

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."(QS.Al Mu'min-60).

Allah berfirman: "Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap suatu umat masuk (ke dalam neraka), dia mengutuk kawannya (menyesatkannya); sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu"Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka." Allah berfirman: "Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui."(QS.Al AA'raaf-38).

Bahkan mereka mendustakan hari kiamat. Dan kami menyediakan neraka yang menyala-nyala bagi siapa yang mendustakan hari kiamat.(QS.Al Furqaan-11).


Siapa saja calon penghuni neraka

Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkannya berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam.Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya. (QS.Al Baqarah-206).

Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir denganneraka Jahannam, mereka kekal di dalamnya.Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allahmela'nati mereka,dan bagi mereka azab yang kekal.(QS.At TAubah-68)

Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah danmendustakan kebenaran ketika datang kepadanya?Bukankah di neraka Jahannam tersedia tempat tinggal bagi orang-orang yang kafir?(QS>Az Zumar-32).

Dikatakan (kepada mereka):"Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yangmenyombongkan diri.(QS.Az Zumar-72).

Dan janganlah kamu cenderung kepada orang-orang yang zalim yang menyebabkan kamu disentuh api neraka, dan sekali-kali kamu tiada mempunyai seorang penolongpun selain daripada Allah, kemudian kamu tidak akan diberi pertolongan.(QS.Huud-113).

dan supaya Dia mengazab orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang musyrik laki-laki dan perempuan yang mereka itu berprasangka buruk terhadap Allah. Mereka akan mendapat giliran (kebinasaan) yang amat buruk dan Allah memurkai dan mengutuk mereka serta menyediakan bagi mereka neraka Jahannam. Dan (neraka Jahannam) itulah sejahat-jahat tempat kembali(QS.Al FAth-6).

Inilah dua golongan (golongan mukmin dan golongan kafir) yang bertengkar, mereka saling bertengkar mengenai Tuhan mereka. Maka orang kafir akan dibuatkan untuk mereka pakaian-pakaian dari api neraka. Disiramkan air yang sedang mendidih ke atas kepala mereka.(QS.AlHAjj-19).

Adapun orang-orang yang menyimpang dari kebenaran, maka mereka menjadi kayu api bagi neraka Jahannam.()QS.Al Jinn-15)

Dan orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulahpenghunipenghuni neraka,mereka kekal di dalamnya. Dan itulah seburuk-buruk tempat kemba(QS.AtTaghaabun10).

Apakah tidak kamu perhatikan orang-orang yang telah dilarang mengadakan pembicaraan rahasia, kemudian mereka kembali (mengerjakan) larangan itu dan mereka mengadakan pembicaraan rahasia untuk berbuat dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Dan apabila mereka datang kepadamu, mereka mengucapkan salam kepadamu dengan memberi salam yang bukan sebagai yang ditentukan Allah untukmu. Dan mereka mengatakan kepada diri mereka sendiri: "Mengapa Allah tidak menyiksa kita disebabkan apa yang kita katakan itu?" Cukuplah bagi mereka Jahannam yang akan mereka masuki. Dan neraka itu adalah seburuk-buruk tempat kembali.(QS.Al Mujaadilah-8).

Sesungguhnya barangsiapa datang kepada Tuhannya dalam keadaan berdosa,maka sesungguhnya baginya neraka Jahannam. Ia tidak mati di dalamnya dan tidak (pula)hidup.(QS.Thaahaa-74).

Dan (ingatlah) hari (ketika) orang-orang kafir dihadapkan ke neraka (kepada mereka dikatakan): "Kamu telah menghabiskan rezkimu yang baik dalam kehidupan duniawimu (saja) dan kamu telah bersenang-senang dengannya; maka pada hari ini kamu dibalasi dengan azab yang menghinakan karena kamu telah menyombongkan diri di muka bumi tanpa hak dan karena kamu telah fasik."(Qs.Al Ahqaaf-20).

Ayat-ayat senada yang menyatakan calon penghuni neraka antara lain:
  • (QS.Az Zukhruf-74)
  • (QS.Al Hasyr-17)
  • (QS.Al Mulk-11)
  • (QS.Al Hajj-72)
  • (QS.Al Hadiis-19)
  • (QS.Al Jinn-15)
  • (QS.Ibrahim-30)
  • (QS.Huud-119)
  • (QS.As Sajdah-20)
  • (QS>Al Mu'minuun-103)
  • (QS.Al Imraan-131)
  • (QS.Al Hajj-51)
  • (QS.At TAubah-68)
  • (QS.Az Zukhruuf-74)


Keadaan Penghuni Neraka


hampir-hampir (neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah.Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir), penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka: "Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?"(QS.Al Mulk-8).

Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak,(QS.Al Mulk-7).

Adapun orang-orang yang celaka, maka (tempatnya) di dalam neraka, di dalamnya mereka
mengeluarkan dan menarik nafas (dengan merintih).(QS.Huud-106).

Sehingga apabila mereka sampai ke neraka, pendengaran, penglihatan dan kulit mereka menjadi saksi terhadap mereka tentang apa yang telah mereka kerjakan.(QS.Fushilat-20).

Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya merekadikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan), "Rasailah azab yang membakar ini."(QS.Al HAjj-22).

Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklahkamitermasuk penghuni-penghuni neraka yang menyala-nyala."(QS.Al Mu'minuun111).

Mereka menjawab: "Ya Tuhan kami Engkau telah mematikan kami dua kali dan telah menghidupkan kami dua kali (pula),lalu kami mengakui dosa-dosa kami. Maka adakah sesuatu jalan (bagi kami) untuk keluar (dari neraka)?"(QS.Al Mu'min-11).

Mereka berkata (lagi): "Ya Tuhan kami; barang siapa yang menjerumuskan kami ke dalam azab ini maka tambahkanlah azab kepadanya dengan berlipat ganda di dalam neraka."(QS.Shaad-61).

Dan mereka berteriak di dalam neraka itu : "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kamiakan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan."Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir,dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan?,maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.(QS.Faathir-37).

Sesungguhnya orang-orang yang kafir baik harta mereka maupun anak-anak mereka, sekali-kali tidak dapat menolak azab Allah dari mereka sedikitpun. Dan mereka adalah penghuni neraka; mereka kekal di dalamnya.(QS.Ali Imran-116)

Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahannam: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari."(QS.Al Mu'min-49).

Dan penghuni neraka menyeru penghuni syurga: " Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau
makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu." Mereka (penghuni surga menjawab:"Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir,(QS.Al A'raaf-50).


Azab Neraka

Inilah (azab neraka), biarlah mereka merasakannya, (minuman mereka) air yang sangat panas dan air yang sangat dingin.(QS.Shaad-57).

(Ingatlah) pada hari mereka diseret ke neraka atas muka mereka. (Dikatakan kepada mereka):"Rasakanlah sentuhan api neraka!"(QS.Al Qomar-48).

Dan apabila mereka dilemparkan ke tempat yang sempit di neraka itu dengan dibelenggu, mereka di sana mengharapkan kebinasaan.(QS.Al Furqaan-13).

Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api nerak(QS.Shaad57).

Muka mereka dibakar api neraka, dan mereka di dalam neraka itu dalam keadaan cacat.(QS.AlMu'minuun-104).

(Makanan surga) itukah hidangan yang lebih baik ataukah pohon zaqqum.Sesungguhnya Kamimenjadikan pohon zaqqum itu sebagai siksaan bagi orang-orang yang zalim.Sesungguhnya diaadalah sebatang pohon yang ke luar dan dasar neraka yang menyala (QS.Shaafaat 62-64).

pada hari dipanaskan emas perak itu dalam neraka jahannam, lalu dibakar dengannya dahimereka, lambung dan punggung mereka (lalu dikatakan) kepada mereka: "Inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah sekarang (akibat dari) apa yang kamu simpan itu."(QS.At Taubah-35).

Dan orang-orang kafir bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir(QS.Faathir-36).

mereka tidak akan merasakan mati di dalamnya kecuali mati di dunia. Dan Allah memelihara mereka dari azab neraka,(QS.Ad Dukhaan-56).

Mereka berseru: "Hai Malik biarlah Tuhanmu membunuh kami saja." Dia menjawab:"Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)."(QS.Az Zukhruf-77).

Setiap kali mereka hendak ke luar dari neraka lantaran kesengsaraan mereka, niscaya merekadikembalikan ke dalamnya. (Kepada mereka dikatakan),"Rasailah azab yang membakar ini."Mereka berseru: "Hai Malik[1365] biarlah Tuhanmu membunuh kami saja." Dia menjawab: "Kamu akan tetap tinggal (di neraka ini)."(QS.Az Zukhruf-77).

0 komentar:

Posting Komentar